Berikut adalah beberapa panduan pengguna :
Berikut langkah-langkah untuk melakukan Konfirmasi dan Pengiriman Pesanan pada SIPLah Gramedia:
1. Pihak Penyedia membuka browser dan masuk ke https://siplahgramedia.id
2. Pada top bar kanan atas, Klik Tombol Masuk Ke Akun.
3. Masukan Username dan Password lalu tekan tombol Masuk.
4. Setelah masuk ke halaman utama, Pilih Data Pesanan.
5. Tekan tombol Detil untuk membuka pesanan dengan status Dibuat
6. Klik tombol Konfirmasi Pesanan.
7. Pesanan berhasil dikonfirmasi, Status Pesanan berubah menjadi Dikonfirmasi.
8. Setelah pesanan dikonfirmasi dan siap untuk dikirim, selanjutnya Penyedia melakukan perubahan status pesanan menjadi Dikirim, dengan cara buka kembali Pesanan, tekan tombol Kirim Pesanan.
9. Pastikan Kembali Detil Pesanan, mulai dari Sub Total hingga Kuantitas Pesanan, tekan tombol Kirim Pesanan.
10. Isi Catatan serta Data Kurir, Status Pesanan berubah menjadi Dikirim.
11. Menunggu proses kirim dan Konfirmasi dari Satdik.
Penyedia dapat menambahkan barang atau jasa satu persatu, atau sekaligus beberapa barang/ jasa di kategori yang sama. Langkah-langkah untuk menambahkan barang/ jasa satu persatu:
Penjelasan langkah penambahan barang/ jasa satu persatu dapat juga dilihat pada video tutorial berikut ini:
Berikut langkah-langkah untuk menambahkan barang/ jasa sekaligus beberapa item dalam 1 kategori yang sama:
Berikut langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran sebagai penyedia di SIPLah Gramedia:
Panduan melakuakan negosiasi
1.klik tombol masuk ke akun
2.Klik tombol login Dapodik
3.Masukan Username dan Pasword,lalu tekan enter
4.Pilih peran anda(sebagai,kepala sekolah/PLT kepala sekolah)
Anda akan disarankan kembali kemenu utama
5.Pilih produk yang akan dilakukan negosiasi
6.Tekan tombol masukan keranjang
7.Buka menu keranjang belanja
8.Tekan tombol nego
9.Masukan harga nego dan cattan negosiasi
10.klik tombol nego
11.Cek kembali detai negosiasi pesanan
12.Kiik beli sekarang jika proses negosiaasi sesuai
Catatan :
Negosiasi pesanan akan direspon oleh Penyedia.Periksa secara berkala untuk melihat perkembangan
status negosiasi pesanan.
Anda dapat melakukan negosiasi ulang,menyetujui negosiasi,atau menolak negosiasi
Apabila menyetujui negosiasi tekan tombol SETUJU dan anda dapat melakukan proses pesanan
Berikut langkah-langkah untuk melakukan Perbandingan Produk pada SIPLah Gramedia:
1. Satdik membuka browser dan masuk ke https://siplahgramedia.id
2. Pada top bar kanan atas, Klik Tombol Masuk Ke Akun
3. Klik Tombol Login Dapodik, Masukan Username dan Password lalu tekan tombol Masuk
4. Pilih peran sesuai tanggung jawab anda
5. Setelah masuk ke halaman utama, Pilih produk yang akan dibandingkan.
6. Tekan tombol Bandingkan pada produk yang ingin dibandingkan
7. Buka menu Perbandingan yang ada pada menu dapodik.
8. Pilih seluruh Produk yang ingin dibandingkan, Klik pada pilihan Bandingkan
9. Tekan tombol Print Jika ingin melakukan Proses Cetak halaman perbandingan
10. Lihat perbandingan antar produk, Tekan tombol Tambah ke keranjang pada produk yang dipilih
11. Proses pesanan dapat dilanjutkan
CATATAN : Perbandingan harga perlu dilakukan untuk produk dengan nilai transaksi diatas Rp 200 juta. apabila tidak dilakukan perbandingan, maka pesanan tidak dapat dilakukan.
Panduan Melakukan Pesanan dan Penerimaan Pesanan
1.klik tombol masuk ke akun
2.Klik tombol login Dapodik
3.Masukan Username dan Pasword,lalu tekan enter
4.Pilih peran anda(sebagai,kepala sekolah/PLT kepala sekolah)
Anda akan disarankan kembali kemenu utama
5.Pilih produk yang akan dipesan
6.Tekan tombol Masukan Keranjang
7.Buka keranjang belanja
8.Pilih produk yang akan dilanjutkan proses pesanan
9.Tentukan jumlah produk yang dipesan
10.Tekan tombol beli sekarang
11.Pilih sumber dana dan jenis pengiriman
12.Pilih kurir (Pastikan kembali seluruh detil pesanan)
13.Jika sudah benar,tekan tombol BELI SEKARANG
14.Cek pesanan anda,Buka menu pesanan,lalu pilih nomer pesanan yang sudah diterima
15.Apabila barang sudah diterima tanpa keluhan anda dapat menekan tombol PENERIMAN & LACAK
16.Konfirmasi pengiriman produk
17.Unggah foto yang diterima
18.Tekan tombol konfirmasi pesanan, Input data Konfirmasi Jumlah Pesanan dan Isi catatan penerimaan
19.Pilih tombol Preview BAST yang akan dibuat,
20.Ceklist pada checkbox persetujuan, Pilih tombol Cetak BAST
21.Unduh Berita Acara Serah Terima
22.Lanjutkan Pembayaran
Catatan :
Setelah berhasil memesan,anda dapat melihat perkembangan status pesanan pada menu pesanan
Pada tahap berikutnya ,penyedia akan melakukan pemrosesan pesanan hingga pesanan dikirimkan
Berikut langkah-langkah untuk melakukan Pembayaran Melalui BRI Virtual Account untuk bank BRI pada SIPLah Gramedia:
1. Satdik membuka browser dan masuk ke https://siplahgramedia.id
2. Pada top bar kanan atas, Klik Tombol Masuk Ke Akun.
3. Klik Tombol Login Dapodik, Masukan Username dan Password lalu tekan tombol Masuk.
4. Pilih peran sesuai tanggung jawab anda.
5. Setelah masuk ke halaman utama, Pilih produk yang akan dibandingkan.
6. Buka menu Pembayaran yang ada pada menu dapodik.
7. Buka Pesanan yang ingin dibayar.
8. Periksa kembali detail pesanan.
10. Pilih metode pembayaran dengan bank BRI, lalu pilih ya.
11. Akan muncul BRI Virtual Account beserta rincian tagihan untuk selanjutnya dilakukan pembayaran
12. Status Pesanan akan menjadi menunggu pembayaran,
13. Pembayaran dengan BRIVA dapat dilakukan.
Panduan Pembayaran Melalui Virtual Account non-BRI
1.klik tombol masuk ke akun
2.Klik tombol login Dapodik
3.Masukan Username dan Pasword,lalu tekan enter
4.Pilih peran anda(sebagai,kepala sekolah/PLT kepala sekolah)
Anda akan disarankan kembali kemenu utama
5.Buka menu Pembayaran
6.Buka pesanan yang ingin dibayar
7.Pilih metode pembayaran Bank Lainnya
8.Tekan tombol lihat pembayaran
9.Akan muncul nominal belanja,lalu tekan tombol LANJUT
10.Pilih Bank dan metode pembayarannya
11.Klik Lihat Nomer Rekening
12.Akan muncul nomer rekening beserta tata cara pembayaranya
13.Pesanan siap dibayarkan melalui metode pembayaran yang dipilih
Panduan Pembayaran Melalui BPD
1.klik tombol masuk ke akun
2.Klik tombol login Dapodik
3.Masukan Username dan Pasword,lalu tekan enter
4.Pilih peran anda(sebagai,kepala sekolah/PLT kepala sekolah) Anda akan disarankan kembali kemenu utama
5.Buka menu Pembayaran
6.Buka pesanan yang ingin dibayar
7.Pilih metode pembayaran melalaui
8.Tekan tombol lihat pembayaran
9.Akan muncul nominal belanja,lalu tekan tombol LANJUT
10.Pilih Bank dan metode pembayarannya BPD Virtual Account
11.Klik Lihat Nomer Rekening
12.Akan muncul nomer rekening BPD Virtual Account beserta tata cara pembayaranya
13.Pesanan siap dibayarkan melalui metode pembayaran yang dipilih